LOMPAT KARET

LOMPAT KARET

Seperti namanya permainan ini dilakukan dengan bantuan gelang karet yang telah dirangkai sedimikian rupu sehingga membentuk tali yang panjang,sehingga dapat digunakan untuk main.

GELANG KARET SEBETUM DIRANGKAI

GELANG KARET  YANG SUDAH DIRANGKAI

Setelah rangkaian gelang karet itu jadi panjang maka permainan siap dilakukan.permainan dapat dilakukan dengan cara :

  1. Pemain dibagi 2 kelompok dengan jumlah anggota bebas,semakin banyak semakin lama mainnya.
  2. Yang tidak mendapatkan giliran main maka dua orang darinya memegangi tali di ke dua sisi ujung untuk di lompati si pemain.
  3. Ketinggian tali yang dipegang ada beberapa tahapan,pertama setinggi mata kaki dalam keadaan jongkok,kemudian si pemain satu demi sau melompati karet tersebut tanpa menyentuhya.
  4. Step kedua setinggi pusar saat jongkok,kemudian pemain melompati tali itu tanpa menyentuhnya juga.
  5. Kemudian tak jauh beda dengan yang telah dilakukan tapi ketinggian tali setinggi dada.
  6. Lalu ditinggikan lagi setinggi dagu,kemudian hidung,lalu kuping,lalu teluntuk jari dengaan tangan diangkaat juga tanp menyentuh tali.
  7. Tak jauh beda lagi,tapi step berikutnya si pemegang tali keadaan berdiri.dimulai dri setinggi lutut,juga melompat tanpa menyentuh tali.
  8. Selanjutnya dilanjutkan setinggi pusar,bedanya disini pemain boleh menyentuh tali yang melintang(yang dilompati),tapi harus sukses melompatinya tanpi kaki atau yang lain tersangkut pada tali.
  9. Dilanjutkan setinggi dada juga boeh menyentuh tali.kemudian setinggi kuping,lalu setinggi kepala,dan terakhir setinggi jari telunjuk dengan keadaan tangan di atas.

10. Pada step yang boleh menyentu tali,jika kesilitan bisa dilakukan dengan bantuan tangan dengan cara jari telunjuk meraih tali itu kemudian langsung dilompati,atau dengan cara gaya katak(koprol dengan tangan di bawah dan kaki di atas).

11. Pemenang adalah kelompok mana yang selesai terlebih dahulu menyelesaikan tahapan-tahapan itu semua.

12. Jika di tengah permainan ada pemain yang salah(tidak bias melompati tali dengan sempurna)maka permainan berganti giliran dengan kelompok yang memegang tali.tapi nanti jika tiba giliran lagi tahapan bias dilanjutkan.

Permainan ini dapat sebagai sarana olah raga anak karena anak diharuskan untuk melompat sehingga secara tidak sadar sianak sudah menggerakkan tubuhnya terus menerus sehinggan keluar keringat dan menjadikan anak sehat.sosialisasi anak pun terlatih karena berkumpul dengan banyak teman sehing mereka saling bercakap-cakap,bercanda dll sehingga anak bias terlatih untuk aktif berbicara,walaupun dengan teman sebaya.kreatif karena diharuskan untuk merangkai gelang karet menjadi tali yang panjang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: