DAKON

Dakon/lumbungan
Dalam bahasa jawa lumbung artinya tempat menyimpan,pada jaman dulu digunakan untuk menyimpan padi sebagai cadangan makanan.nah permainan ini disebut lumbungan karena memang menggunakan suatu tempat untuk di jadikan lumbung atau tempat menyimpan pin.

permainan ini di mainkan oleh dua orang,orang pertama pemilik lumbung 1 dan pemain ke2 pemilik lumbung2.prinsip dari permainan ini adalah siapa yang mempunyai pin terbanyak yang disimpan pada lumbungnya adalah yang menang.
Cara permainannya :
1. Setiap lubang selain lumbung dikasih pin sesuai peraturan ke dua pemain,biasanya 5 buah pin.
2. Permainan dilakukan secara bergantian antara kedua pemain
3. Pemain pertama mengambil pin yang ada di lubang sisinya secara bebas,lalu diletakkan satu persatu pada lubang yang dilewati sesuai arah jarum jam.
4. lumbung milik pemain juga dikasih,tapi lumbung lawan dilewati.
5. Giliran jalan terus berlanjut jika pin terakhir jatuh pada lubang yang masih ada pinnya walaupun berada disisi lawan.
6. Giliran berhenti jika pin terakhir jatuh pada lubang yang tidak ada pin yang lain,dan jika pin terakhir jatuh pada lubang lumbung.
7. Ketika giliran berhenti kemudian dilanjutkan oleh lawan(dengan peraturan yang sama),jika giliran sudah berhenti dilanjutkan pemain yang pertama tadi.
8. Itu terus dilanjutkan sampai sudah tidak tersisa pin pada lubang selain lubang lumbung.
9. Pemenang adalah orang yang paling banyak mengumpulkan pin pada lumbungnya.
10. Ada suatu aturan : jika pin terakhir jatuh di lubang yang kosong pada sisi pemain,dan lubang sisi lawan yang sejajar dengan pin terakhir itu jatuh ada pinnya,pin itu dapat dimiliki(dimasukkan lumbung) si pemain.
Perminan Lumbungan biasanya dilakukan oleh anak-anak diwaktu senggang mereka atau saat berkumpul dengan teman-teman mereka.peraminan ini dapat melatih kesabaran karena satu giliran main selesainya bisa lama sehingga dibutuhkan kesabaran dari si pemain pada saat menunggu giliran main,dapat juga melatih anak untuk bersosialisasi dengan teman yang lain karena permainan ini dilakukan dengan bertatap muka sehingga anak-anak bias saling bercanda,bisa juga melatih anak untuk berhitung karena harus menghitung dimana pin itu jatuh agar bias dihitung supaya pin terakhir jatuh di lubang yang ada pinnya sehingga giliran bisa berlajut dan jadi pemenang.
Diharapkan dengan adanya catatan ini permainan ini tidak punah citelan jaman dan dapat terus dimainkan oleh anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: